Makanan Setelah Operasi Caesar

Melahirkan melalui prosedur operasi caesar memang tidak mudah. Membutuhkan waktu lebih lama untuk penyembuhannya. Namun, apakah Anda tahu, bahwa ada beberapa makanan setelah operasi caesar yang bagus untuk dikonsumsi untuk membantu masa pemulihannya?

Selain istirahat yang cukup dan jangan dulu melakukan aktivitas berat yang berpotensi membuat luka pasca operasi caesar yang Anda lakukan lama sembuhnya, Anda juga perlu memenuhi asupan giji dan beberapa protein supaya lukanya cepat sembuh.

Makanan Setelah Operasi Caesar

Makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah melahirkan melalui caesar (Copyright : Google Image)

Mau tahu apa saja anjuran makanan yang baik dikonsumsi setelah operasi caesar supaya cepat sembuh? Berikut informasinya untuk Anda.

Daftar Makanan Setelah Operasi Caesar

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dimasukkan dalam menu harian Anda. Makan ini dapat membantu proses pemulihan pasca operasi caesar yang Anda lakukan, lho.

Beberapa makanan setelah operasi caesar yang bagus untuk Anda konsumsi untuk membantu proses penyembuhannya adalah:

1. Makanan kaya protein

Untuk mempercepat masa pemulihan pasca operasi caesar, Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang menjadi sumber protein. Selain bagus untuk pemulihan, protein yang Anda konsumsi juga bagus untuk perkembangan bayi Anda yang masih menyusu.

Beberapa makanan yang mengandung protein dan bisa Anda masukan dalam menu harian Anda untuk dikonsumsi meliputi: Ikan, telur, susu, atau biji-bijian dan kacang-kacangan.

2. Sayuran dan buah-buahan

Nah, makanan setelah operasi caesar lainnya yang juga dapat membantu masa pemulihan adalah buah-buahan dan juga sayuran yang kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan juga antioksidan. Sayur dan buah yang Anda konsumsi juga bagus untuk mengatasi sembelit yang sering terjadi pasca melahirkan.

3. Lemak

Selain vitamin, serat, dan protein, Anda juga membutuhkan asupan lemak pasca melahirkan caesar. Tahukah Anda? Makanan kaya lemak sehat ternyata bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh setelah operasi. Lemak yang dikonsumsi juga bisa menambah energi pasca operasi caesar.

Anda disarankan untuk mengkonsumsi lemak baik seperti yang terkandung dalam alpukat, minyak zaitun, maupun kacang-kacangan. Konsumsilah lemak dalam porsi yang sesuai. Jangan berlebihan.

Makanan Setelah Operasi Caesar Lainnya Untuk Membantu Pemulihan

Nah, selain mengkonsumsi 3 jenis makanan di atas, Anda juga disarankan untuk banyak minum air putih. Minum air putih minimal 8 gelas perhari dapat membantu Anda terhindar dari dehidrasi, apalagi saat menyusui.

Anjuran makanan setelah operasi caesar lainnya yang juga bisa Anda konsumsi selama masa pemulihan meliputi:

  • Sup ayam
  • Teh hijau
  • Cokelat
  • Hati sapi
  • Bubur

Selain memperhatikan asupan makanan serta istirahat yang cukup, Anda juga sebaiknya memperhatikan dan rutin membersihkan luka bekas operasi caesar, menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman, hindari melakukan aktivitas yang berat, seperti mengangkat cucian, dan sebagainya.

Semoga, informasi mengenai makanan sehat setelah operasi caesar di atas bisa membantu proses pemulihan yang Anda jalani, ya!

Bagi yang membutuhkan solusi untuk mengeringkan luka pasca operasi caesar secara alami dengan efektif cepat, silakan langsung kunjungi artikel berikut ⇒ Cara Alami Mengeringkan Luka Operasi Caesar.

SEMOGA LEKAS SEMBUH

Makanan Setelah Operasi Caesar yang Harus Dikonsumsi Agar Cepat Sembuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *