Makanan Pencetus Kanker

Ada lebih dari 7 jenis makanan pencetus kanker yang sebaiknya Anda ketahui. Karena, bisa jadi salah satunya adalah makanan favorit yang sering Anda konsumsi selama ini.

Mengetahui minuman dan makanan pemicu kanker ada banyak untungnya. Salah satunya adalah untuk menekan risiko menderita penyakit kanker. Seperti yang orang tua dulu katakan, jika mencegah lebih baik dari mengobati.

Bahaya Penyakit Kanker

Makanan Pencetus Kanker

Kanker sendiri masih menjadi penyakit paling mematikan di dunia selain HIV/AIDS. Penyebab kanker pada setiap pasien berbeda-beda tergantung dari jenis kanker yang di derita. Secara umum, adanya faktor genetik atau keturunan meningkatkan risiko seseorang untuk mengidap penyakit kanker.

Di bawah ini ada beberapa jenis kanker yang paling umum di temui di Indonesia

A. Kanker Payudara
B. Kanker Serviks / Leher Rahim
C. Kanker Prostat
D. Kanker Lambung
E. Kanker Kolorektal
F. Kanker Pita Suara
G. Kanker Kelenjar Getah Bening
H. Kanker Otak
I. Kanker Kulit
J. Kanker Darah / Leukemia
K. Kanker Hati
L. dan jenis kanker lainnya.

Selain faktor genetik, ada beberapa faktor lainnya yang dapat meningkatkan risiko penyakit kanker, termasuk minuman dan makanan yang kita konsumsi.

Maka dari itu, sangat penting sekali untuk memperhatikan asupan makanan kita sehari-hari agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit kanker yang mematikan.

Inilah Beberapa Minuman dan Makanan Pencetus Kanker Yang Sebaiknya Anda Ketahui

Di bawah ini adalah beberapa jenis minuman dan makanan pemicu kanker yang sebaiknya Anda batasi atau lebih baiknya di hindari. Penasaran apa saja? Berikut listnya:

Makanan Pencetus Kanker

Dari jenis minuman, Selain alkohol yang memang sudah terkenal dampak negatifnya untuk kesehatan tubuh, minumal pemicu kanker lainnya adalah minuman berkarbonasi (soda, minuman penambah energi, dan minuman sejenisnya), serta minuman kemasan yang mengandung bahan pengawet kimia.

Sedangkan dari makanan, ada beberapa makanan yang bersifat karsinogenik atau dapat merangsang pertumbuhan kanker. Diantaranya:

  • Popcorn yang dimasak dengan menggunakan microwave
  • Buah atau sayuran yang sudah terpapar zat kimia, salah satunya pestisida
  • Aneka daging olahan, seperti kornet, sosis, nuget, ham, dan lainnya
  • Makanan kalengan yang meliputi kornet, sarden, buah atau sayur kalengan, dan sejenisnya
  • Tepung putih, sebuah studi dalam jurnal Cancer Epidemiology menunjukkan bahwa karbohidrat olahan (salah satunya tepung) dikaitkan dengan peningkatan 220% kanker payudara di kalangan perempuan.
  • Makanan yang di asinkan, di asap, atau di asamkan seperti acar, daging asap, dll.
  • Makanan ringan kemasan yang banyak sekali mengandung MSG
  • Aneka makanan yang di olah dengan cara di bakar, baik itu sate, jagung bakar, steak ataupun makanan lainnya. Bagian yang gosong dari makanan yang di bakar bersifat karsinogenik dan dapat meningkatkan risiko Anda menderita penyakit kanker
  • Kentang goreng
  • Makanan yang mengandung pemanis atau pewarna buatan
  • Minyak terhidrogenasi yang biasa digunakan untuk mengawetkan makanan olahan
  • Daging ayam boiler yang banyak mendapatkan suntikan zat kimia
  • Gula halus yang dapat mempercepat lonjakan tingkat insulin dan menumbuhkan sel-sel kanker pada tubuh. Makanan yang menggunakan gula halus antara lain: aneka kue, pie, cookies, sereal, dll.
  • Daging merah. Penelitian di Harvest Medical School mengungkapkan fakta, bahwa sering menyantap daging merah akan meningkatan perkembangan kanker kolorektal
  • Donat yang terdirid ari gula, tepung, dan minyak yang menjadi makanan pencetus kanker lainnya.

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat memicu perkembangan sel kanker di dalam tubuh Anda.

Apakah salah satunya makanan favorit Anda?

Jika iya, sebisa mungkin untuk Anda membatasi konsumsi makanan atau minuman tersebut. Intinya, jangan karena Anda suka, Anda mengkonsumsi makanan pencetus kanker di atas setiap hari. Percayalah, bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, lho.

Demikianlah informasi mengenai minuman dan makanan pencetus kanker yang bisa saya sampaikan. Semoga, artikel kesehatan ini bisa bermanfaat untuk Anda semuanya, dan kita bisa terbebas dari penyakit kanker (Aamiin).

Salam Sehat
By : Obat Tradisional QnC Jelly Gamat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *